PONOROGO-www.kpu-ponorogokab.go.id- KPU Kabupaten Ponorogo memberikan penjelasan kepada PPK ( Panitia Pemilihan kecamatan) tentang perlengkapan tiap - tiap TPS dalam Pilgub Jatim 2018. Ahmad fauzi Huda Divisi keuangan dan Logistik mengatakan setiap TPS akan terdapat perlengkapan yakni kotak suara, surat suara, tinta, segel, sampul, kantong plastik, template tunanetra, alat coblos (paku), Formulir C (C,C1,C1 PLANO, C2,C3,C4), lem perekat, bolpoint serta Formulir C7”bebernya saat rapat koordinasi dengan PPK di Aula KPU Ponorogo (06/06/2017).


Sedangkan, yang berada diluar kotak terdiri dari Salinan DPT, Daftar Pasangan Calon, tanda Penggenal, Formulir A, C6,D1. Perlengkapan baik yang didalam maupun diluar kotak tersebut adalah diterima KPPS dari KPU kabupaten Ponorogo.”Sedangkan Perlengkapan diluar kotak yang diterima oleh PPS ( Panitia pemunggutan Suara) terdiri dari Formulir D, D1, D2, dan A4 (daftar Pemilih Pindahan)” ujarnya.


Sementara itu untuk PPK (Panitia Pemilihan kecamatan akan menerima Formulir Model DA. KWK, D1 KWK, DA2 KWK, DA7. KWK.”Formulir itu, pada saat turun kebawah (red dari KPU) akan diterima oleh PPK dan akan digunakan pada saat Rekapitulasi hasil pemunggutan dan penghitungan suara ditingkat kecamatan” tegasnya.


Sebaliknya, usai pemunggutan dan penghitungan suara KPPS ( Kelompok Panitia Pemunggutan Suara) akan mengisi Formulir dan memilah – milah Formulir yang masuk Kotak Suara.” Ada sembilan yang harus masuk kotak yakni, Model C KWK, C1 KWK, C Plano, Salinan DPT, DPPh, DPtb, C2 KWK, C3 KWK, C5 KWK, C6 KWK (sudah terpakai), C7 KWK, Surat Sah dan tidak sah, Surat tidak digunakan, dan surat rusak (keliru coblos)” paparnya.


Kemudian, PPS merekap hasil penghitungan tiap – tiap TPS dalam wilayahnya dengan formulir Model D1 dan D2 dan kemudian diserahkan kepada PPK.”Di tingkat PPS (Desa) tidak ada rekapitulasi namun memantau hasil penghitungan tiap – tiap TPsd dalam wilkayahnya dan dituangkan dalam D1 dan D2.” Tandasnya.


 PPK sendiri, sebelum gelar rekapitulasi penghitungan suara tingkat kecamatan mengumpulkan C KWK dan C1 KWK untuk disetor ke KPU.”Kita Usahakan malam hari C KWk dan C1 KWK terkumpul dan saat itu juga kita scanner sehingga masyarakat dapat mengetahui penghitungan seluruh TPS” pungkasnya.
#Divisi Keuangan Dan Logistik KPU Ponorogo#