SEBELUM PEMILOS, MA MUHAMMADIYAH 2 PONOROGO MINTA BIMBINGAN COBLOSAN

Bimbingan: Muh Kujaeni sekertaris KPU Ponorogo memberikan ilmu kepemiluan kepada Siswa – siswi MA Muhamadiyah.  
PONOROGO-www.kpu-ponorogokab.go.id- MA Muhammadiyah Ponorogo datangi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ponorogo guna belajar Demokrasi. Mereka ini, adalah pengurus OSIM periode sebelumnya yang pada 25 oktober nanti akan digantikan oleh pengurus yang baru.
Muh. Kujaini sekretaris KPU Ponorogo langsung menerima pengurus OSIM yang berjumlah sekitar 15 siswa – siswi ini mengatakan tempat ini adalah tempat belajar bagi anak – anak.” Jangan malu, canggung, atau takut terhadap para pembimbing disini karena mereka ini bukanlah guru dan anggaplah rekan’ ujarnya saat di Aula KPU Ponorogo Jum’at (19/10/2018).
Sehingga, pembelajaran ini akan berjalan seperti diskusi dan berlaku tanya jawab.” Jika ada kurang paham silahkan bertanya kepada pembimbing agar pulang dari sini mendapatkan ilmu tentang kepemiluan secara utuh”paparnya.
Mereka ini (siswa – siswi red), akan diajari tahapan – tahapan pemilu tahun 2019. Yakni Penyusunan daftar pemilih, pencalonan, debat calon, dan pembuatan Tempat Pemunggutan Suara.” Kami harapkan kepada siswa – siswi untuk memahami secara utuh tentang kepemiluan”, paparnya.
Salah satu contoh, tugas – tugas KPPS ( Kelompok Panitia Pemunggutan Suara) yang berjumlah tujuh orang.”KPPS 1 hingga 3 bertugas meneliti surat undangan pencoblosan sedangkan KPPS 4 dan 5 menjaga daftar hadir” ungkapnya.
Kemudian KPPS laninnya yakni KPPS 6 bertugas menjaga kota suara. Yang mana, jika ada pemilih yang dalam melipatnya kurang bagus maka KPPS 6 yang mengarahkan.” Yang terakhir, KPPS 7 bertugas di pintu keluar dan mencelupkan jari pemilih yang sudah lakukan pencoblosan” tegasnya.
Nita Hardianawati divisi SDM dan parmas KPU Ponorogo pun mengucapkan terima kasih kepada pelajar Muhamadiyah yang telah berkenan belajar kepemiluan.”Semoga ilmu yang didapat bermanfaat, sehingga bisa menularkan ilmunya kepada pelajar lainnya’pungkasnya.
#Divisi SDM dan Parmas KPU Ponorogo#

Mungkin Anda juga menyukai

1 Respon

  1. adminldp berkata:

    gfdfdfg