Pentingnya Silon Dalam Pemilihan 2020

“memudahkan input dukungan calon perseorangan sekaligus mempercepat publikasi data pencalonan pada masyarakat”, kata Nur Syarifah kabiro teknis dan hupma KPU RI

JAKARTA-https://kpu-ponorogokab.go.id/- Sistem Pencalonan (Silon), begitu Penting dalam tahapan Pemilihan tahun 2020. Lantaran, memudahkan input dukungan calon perseorangan sekaligus mempercepat publikasi data pencalonan pada masyarakat. Hal ini terungkap saat Nur Syarifah kepala Biro Teknis dan Hupmas KPU RI Di Jakarta Jum’at (22/11/2019).

Usai bimtek, kasubag KPU Ponorogo Marno foto bersama

Ia pun menjelaskan, Calon perseorangan mengumpulkan surat pernyataan dukungan yang formulirnya sesuai dengan regulasi yakni B1 KWK.”Disitu satu surat pernyataan di tanda tangani pendukung dan di lampiri foto copy KTP Elektronik”,ujarnya.
Kemudian, calon perseorangan menginput data pendukung di dalam aplikasi web site sistem pencalonan (silon).”Jika sudah selesai input silahkan download kemudian cetak. Ini adalah surat pernyataan si calon perseorangan dan harus di tanda tanganinya sendiri”, tuturnya.
Viryan Azis Komisioner KPU RI pun menambahkan jika surat pernyataan calon perseorangan tanpa di tanda tangani pendukung.”surat pernyataan calon perseorangan (form B2. KWK) berisi nama – nama pendukung dan di tanda tangani calon perseorangan serta bermaterai rangkap dua”,ungkapnya.
Selanjutnya, penyerahan berkas – berkas baik B1 maupun B2 KWK ke KPU Kabupaten/ kota atau Propinsi.”KPU akan melakukan Verifikasi Administrasi dengan mencocokan antara B1 dan B2 KWK”,tuturmya.
Jika verifikasi administrasi rampung, lanjut dia KPU akan melanjutkan verifikasi faktual dengan mendatangi pendukung.”ini untuk memastikan kebenaran pendukungnya pada calon perseorangan”,pungkasnya.
Sementara itu, bimbingan teknis Silon ini KPU Kabupaten Ponorogo di wakili oleh kasubag teknis dan hupmas Marno. Kasubag teknis pun di dampingi operator Silon Sutrisno.

#Divisi Parmas, Sosdiklih, dan SDM KPU Kabupaten Ponorogo#

Mungkin Anda juga menyukai