KPU Ponorogo Hadiri Zoom KPU RI

https://kpu-ponorogokab.go.id/ – PONOROGO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ponorogo hadiri Zoom Virtual Daring Bersama KPU RI,  uji coba Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) dengan  provinsi maupun kabupaten/kota yang melaksanakan pemilihan di Tahun 2020. Ini di laksanakan uji coba dilakukan terkait pengarahan teknis dan metode Sirekap.

Kegiatan ini dalam rangka persiapan pemahaman dan pemantapan penyelenggaraan pemungutan dan penghitungan suara Pemilihan Serentak Tahun 2020. Dengan bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada peserta dalam penggunaan aplikasi Sirekap, mencoba kesiapan aplikasi dan menginventarisir masalah yang terjadi pada penggunaan aplikasi dari berbagai kondisi daerah.

Sirekap akan dijalankan oleh para KPPS di tempat pemungutan suara (TPS). Nantinya, petugas bertanggung jawab memotret formulir model C.KWK atau kertas yang berisi data perolehan suara pasangan calon (paslon) dan mengunggahnya ke Sirekap melalui sebuah aplikasi Sirekap.

Arwan Hamidi selaku divisi teknis penyelenggaraan KPU Ponorogo yang membidangi menegaskan kepada seluruh badan adhoc tingkat kecamatan untuk selalu mengawal dan memperhatikan pelaksanaan teknis ini di hari pemungutan suara nanti, agar bisa lebih selalu sinkron dan mengkondisikan kpps. Memerlukan ketelitian dan kejelian, di dukung dengan smartphone yang berbasis android untuk melengkapi fasilitas untuk penunjang pelaksanaan tersebut.

Kemudian catatan dari pengarahan KPU RI agar selalu mengecek kestabilan signal internet jaringan di daerah yang ada, jika nanti ada kendala di TPS untuk selalu berkoordinasi dengan Kab/Kota yang ada. Sirekap akan memangkas tenaga dan waktu para petugas dalam merekapitulasi suara. Selain itu, Sirekap diharapkan dapat membantu petugas meminimalisasi interaksi fisik antar orang  saat pemilihan digelar dalam kondisi pandemi Covid-19.

Mungkin Anda juga menyukai